Aneka Dan Jenis LilIn

Ditulis Oleh: admin Di Publikasi Di: ROOT Di Buat Pada Tanggal: 2017-11-15 Dilihat: 288 Komentar: 0

fungsi lilin kini telah bergeser dari fungsinya semula. Jika dulu lilin digunakan sebagai alat penerangan utama, maka kini lilin hanya digunakan di saat darurat, yaitu ketika tidak ada pasokan listrik yang diperoleh. Lilin digunakan ketika seseorang berada di tempat terpencil yang belum terjamah instalasi listrik, atau digunakan oleh para konsumen listrik ketika listrik padam.

Inilah alat penerangan yang masih tetap eksis dari zaman baheula hingga saat ini, lilin. Penemuan terkini menyebutkan bahwa lilin sudah digunakan oleh bangsa Romawi sejak abad 1 M. Setelah mengalami beragam modifikasi bahan dari waktu ke waktu, sampailah lilin dengan bahan yang saat ini dikenal.

Hanya saja, fungsi lilin kini telah bergeser dari fungsinya semula. Jika dulu lilin digunakan sebagai alat penerangan utama, maka kini lilin hanya digunakan di saat darurat, yaitu ketika tidak ada pasokan listrik yang diperoleh. Lilin digunakan ketika seseorang berada di tempat terpencil yang belum terjamah instalasi listrik, atau digunakan oleh para konsumen listrik ketika listrik padam.

Hingga saat ini, berbagai penelitian tentang lilin masih terus dilakukan. Dengannya, berbagai manfaat lilin yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya pun mulai terkuak. Lilin pun terus dimodifikasi sehingga dapat memberikan manfaat-manfaat baru, dan menjadikan pemakaian lilin senantiasa eksis dan lestari. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

Beragam Manfaat Lilin, Bukan Sekadar Pengganti Listrik

Sungguh keliru jika dinyatakan bahwa fungsi lilin hanyalah sebagai alat penerangan darurat dan penghias kue ulang tahun semata. Enam manfaat berikut ini membuktikan manfaat lebih dari sebatang lilin. Apa saja ya? Langsung simak saja, yuk!

Lilin Sebagai Pelumas

Pada awalnya, lilin terbuat dari lemak hewan yang licin. Seiring dengan perkembangan zaman, bahan pembuat lilin pun telah digantikan dengan bahan lain. Walupun demikian, efek licin yang ditimbulkan oleh sebatang lilin tetaplah bertahan hingga sekarang. Sifat ini dapat Anda manfaatkan dengan menggunakan lilin sebagai pelumas. Ketika ritsleting Anda macet, Anda bisa menggosokkan lilin pada rel ritsleting sehingga ritsleting dapat kembali lancar. Demikian pula, apakah engsel pintu Anda terasa seret atau menimbulkan bunyi berdecit yang tidak menyenangkan? Gosokkanlah lilin pada engsel dan masalah pintu Anda pun akan sirna. Solusi ini juga dapat diterapkan pada laci meja yang macet.

Lilin Penahan Cucuran Air Mata

Bagi Anda yang harus beraktivitas di dapur, cucuran air mata sering kali tidak dapat ditahan ketika harus mengupas dan mengiris bawang merah. Tahukah Anda, bahwa nyala api lilin dapat membantu mengurangi penderitaan Anda tadi? Sembari mengiris bawang, nyalakanlah lilin di samping Anda. Kini, Anda pun tidak perlu ‘baper’ lagi ketika mengiris bawang.

Pelapis Anti Air

Lilin memiliki sifat anti air yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari. Selamatkan kertas resep Anda dari serangan air yang dapat membuatnya semakin rapuh dan mudah sobek. Caranya, gosokkan lilin pada permukaan kertas. Sekarang, kertas resep Anda pun aman dari kemungkinan sobek karena basah. Cara ini pun dapat digunakan oleh anak-anak Anda yang sedang berpura-pura menjadi detektif. Sebagai pengganti alat tulis, gunakanlah sebatang lilin untuk menulis di atas kertas. Voila, jadilah sebuah pesan rahasia! Tulisan tidak akan dapat dibaca begitu saja. Untuk membacanya, sapukanlah cairan berwarna – misalnya, cat air – di atas kertas.

Tempat Penyimpan Jarum

Bingung di mana harus menyimpan koleksi jarum Anda agar aman dan tidak cepat berkarat? Mengapa tidak mencoba menancapkannya pada lilin? Jarum tersimpan dengan aman, tidak membahayakan, dan tidak pula mudah berkarat. Praktis dan bermanfaat bukan?

Hiasan Unik dan Elegan

Selain berbagai manfaat di atas, lilin juga bisa digunakan sebagai hiasan yang menawan. Bagi Anda yang memiliki kreativitas tinggi di bidang seni rupa, mengolah lilin menjadi berbagai bentuk dapat menjadi ladang penghasilan yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Mengoleksi lilin hias dengan berbagai bentuk yang unik kini menjadi sebuah gaya hidup baru yang bisa Anda manfaatkan. Selain itu, lilin hias sebagai souvenir pernikahan pun dapat menjadi kenang-kenangan yang mengesankan bukan?

Lilin Aromaterapi

Inilah salah satu manfaat lilin yang marak digunakan akhir-akhir ini. Aromaterapi merupakan sebuah terapi yang dilakukan dengan menghirup aroma tertentu sehingga dapat memberikan rasa relaks pada jiwa. Pasalnya, kebahagiaan dan ketenangan jiwa seseorang dapat memengaruhi kesehatan dirinya. Menggunakan konsep ini, lilin aromaterapi dibuat dengan berbagai aroma yang memiliki manfaat berbeda.

 

Aneka Jenis Lilin Aromaterapi

Bagi Anda yang ingin mencoba khasiat lilin aromaterapi, perhatikanlah label lilin dengan sungguh-sungguh. Pasalnya, lilin aromaterapi bukanlah sekadar lilin dengan aroma yang harum. Lilin aromaterapi mengandung minyal esensial dari tumbuh-tumbuhan tertentu, yang memiliki berbagai fungsi yang berbeda pula. Pastikan bahwa lilin aromaterapi yang akan Anda beli memang memiliki kandungan tersebut, dan pastikan pula bahwa manfaat lilin tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut ini adalah lima contoh lilin aromaterapi yang dapat Anda pilih.

Lilin aroma melati

Anda, yang sedang menginginkan kesegaran hubungan dengan pasangan Anda, dapat mencoba melakukan terapi dengan lilin beraroma melati ini. Pasalnya, minyak esensial dari bunga melati disinyalir dapat membangkitkan gairah cinta dari dalam jiwa. Dengan memasang lilin aromaterapi dari bunga melati di ruangan pribadi Anda beserta pasangan, gelora jiwa yang sempat bersembunyi pun akan dapat kembali dimunculkan.

Lilin aroma anggur

Jika minuman anggur yang telah berfermentasi dapat menyebabkan Anda pusing atau bahkan mabuk, maka lain halnya dengan lilin beraroma anggur ini. Lilin aroma anggur dinyatakan dapat mengatasi keluhan akibat flu, demam, serta menghilangkan sakit kepala.

Lilin aroma jeruk

Jeruk dikenal sebagai buah yang mengandung vitamin C, yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Rupanya, aroma minyak esensial dari buah jeruk pun memiliki manfaat yang tidak kalah menarik. Debaran jantung yang tidak beraturan, yang berpotensi membawa aneka macam penyakit yang tidak menyenangkan, dapat ditenangkan menggunakan lilin beraroma jeruk ini. Jiwa dapat kembali merasa tenang, kesehatan tubuh pun turut memperoleh imbas yang positif.  Tubuh yang sehat dapat diperoleh dengan dukungan jiwa yang bahagia, kan?

Lilin aroma lavendel

Atasi permasalahan nyamuk di rumah Anda dengan lilin beraroma lavendel. Bukan hanya dapat mengusir nyamuk, menghirup aroma minyak esensial dari bunga lavendel dapat membantu melegakan saluran pernafasan Anda. Flu dan radang yang menggangu saluran pernafasan pun dapat terasa ringan denga bantuan lilin aromaterapi ini.

Lilin aroma kenanga

Lilin aromaterapi dari bunga kenanga pun mengandung minyak atsiri yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh atas penyakit. Selain itu, aroma bunga kenaga juga dapat membangkitkan gelora cinta di dalam diri Anda. Aromanya yang menenangkan dan melegakan akan membangkitkan kembali beragam kenangan yang pernah terjadi di antara Anda dengan pasangan Anda. Anda pun dapat kembali mengenang masa-masa awal pertemuan Anda dengan pasangan, masa-masa yang menumbuhkan bibit-bibit cinta di antara Anda dengan pasangan.

Jadi, kini lilin bukan lagi sekadar merupakan alat penerangan darurat kan? Manfaat lilin yang mana yang sering Anda terapkan? Jika Anda penikmat lilin aromaterapi dan lilin hias, lilin seperti apa yang paling Anda sukai? Bagikanlah pengalaman Anda kepada kami.

Tinggalkan Komentar

Captcha